Mantapインドネシア

インドネシアについて何でも書いていきます

YouTubeでインドネシア語勉強~vol.3~

今回の動画

www.youtube.com

 

インドネシア語

Kenapa Internet Di Indonesia Lemot?

Koneksi internet indonesia sebuah topik yangl sangat sangat sangat konterversial bagi para netizen di Indonesia. 
 
Kenapa? Karena internet indonesia sangat bikin emosi persi seperti yang ditanyain Petra ini. Kenapa internet indonesia itu lemot banget? 
Nggak kayak negara tetangga. Kenapa pak menteri?.  Apa jawabannya? Yang masih bukan hanya tiangnya kurang tinggi atau gimana. Faktor pertamanya itu adalah infrastruktur . Ya, Internet itu pada dasarnya membutuhkan infrastruktur. Sebuah perusahaan harus membangun kabel telpon, kabel fiber  optik, hingga tiang  pemancar, harganya m m man, hanya untuk bisa streaming video ini dengan lancar.
Perkembangan internet pun sebanding dengan infrastruktur lainnya. Jalan raya kita masih banyak yang bolong, jembatan masih banyak yang reot bahkan masih ada desa yang listrik aja nggak punya. Artinya apa? Membangun infrastruktur itu  nggak murah, dan membutuhkan duit yang sangat banyak. Yah alasan yang paling klasik. Itu bedanya negara kita dengan negara tetangga, duitnya. Provider intenet adalah indrustri yang sangat capital intensive, artinya membutuhkan kantong yang tebal untuk mulai di bisnis ini. Tapi bentar, negara tetangga nggak lebih kaya dari kita? Tapi kok internetnya bisa cepet, nggak lemot? Ini alasannya! Faktor geografis.
Kadang - kadang kita lupa, negara kita itu luasnya luas banget. Belum lagi ada hutan rimba, gunung meletus, macan lepas, candi borobudur, cabe – cabean sampai ombak yang bergulung. Artinya kondisi geografis Indonesia ini yang menciptakan tantangan tersendiri bagi kita untuk membangun infrastruktur, nggak kayak negara tetangga. 
Oke nggak usah pake Bahasa ekonomi ribet. Intinya aja nih kita pengen bangun rumah, tapi kalo kita nggak punya duit, mana bisa kita bangun rumah. Karena bangun rumah itu mahal apalagi rumah kita banyak tantangan geografisnya. Jadilah rumah kita seadanya seperti halnya koneksi Internet di Indonesia. Tentu saja ada pengecualian. Tapi ada alasan juga kenapa pengecualian itu disebut pengecualian. Karena itu adalah pengecualian. Sedangkan yang kita bicarakan di sini bukan pengecualian melainkan secara keseluruhan. 
Jangan pernah pamer speed internet di depan temen karena itu lebih sensitif daripada nanyain orang tentang berat badan. Jadi ya kesimpulannya udah berkali - kali kita denger di berita, Internet Indonesia terlemot di dunia. Atau yang lebih bahagianya dikit Internet Indonesia terlemot kedua di dunia. Tapi itu berita beneran, silahkan cek sumbernya di bawah kalo nggak percaya.
Tapi apapun yang terjadi jangan pernah benci internet. Karena internet adalah tempat yang keren.Sumber informasi, ensiklopedia gratis, tempat nyari video dangdut, kucing ngomong dan memo meme musiman nggak jelas. Jadi sekian episode minggu ini, karena kuota internet saya sudah mau habis.
Terima kasih.
 

要点・感想

 

インドネシアでインターネットが遅い理由が説明されています。

 

話すスピードが早く、インフォーマルな表現もあるので現地に住んでいた経験がないと厳しいと思います。

曖昧なところをあるのでもし間違えていたら教えていただけると嬉しいです。